Kamis, 21 Oktober 2010

Contoh Silabus dan RPP berkarakter

Contoh silabus dan RPP pendidikan budaya dan karakter bangsa

Pendidikan adalah suatu proses enkulturasi, yang berfungsi mewariskan nilai-nilai dan prestasi masa lalu ke generasi mendatang. Nilai-nilai dan prestasi itu merupakan kebanggaan bangsa dan menjadikan bangsa itu dikenal oleh bangsa-bangsa lain. Selain mewariskan, pendidikan juga memiliki fungsi untuk mengembangkan nilai-nilai budaya dan prestasi masa lalu itu menjadi nilai-nilai budaya bangsa yang sesuai dengan kehidupan masa kini dan masa yang akan datang, serta mengembangkan prestasi baru yang menjadi karakter baru bangsa. Oleh karena itu, pendidikan budaya dan karakter bangsa merupakan inti dari suatu proses pendidikan.

Proses pengembangan nilai-nilai yang menjadi landasan dari karakter itu menghendaki suatu proses yang berkelanjutan, dilakukan melalui berbagai mata pelajaran yang ada dalam kurikulum (kewarganegaraan, sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi,antropologi, bahasa Indonesia, IPS, IPA, matematika, agama, pendidikan jasmani dan olahraga, seni, serta ketrampilan).

Penerapan pendidikan karakter di sekolah salah satunya dapat dilakukan melalui pengintegrasian dalam pembelajaran pada setiap mata pelajaran, di mana materi pembelajaran yang berkaitan dengan norma atau nilai-nilai pada setiap mata pelajaran dikembangkan dan dikaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari. Sehingga pembelajaran nilai-nilai karakter tidak hanya pada tataran kognitif, tetapi menyentuh pada internalisasi, dan pengamalan nyata dalam kehidupan peserta didik sehari-hari baik di lingkungan sekolah di rumah maupun di dalam masyarakat.

Untuk itu maka setiap guru dituntut untuk dapat merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran yang berkarakter dalam Silabus maupun RPP.

Sebagai contoh Silabus yang berkarakter bapak ibu guru dapat mendownload DI SINI atau DI SITU, untuk bapak ibu guru yang menginginkan contoh RPP yang berkarakter juga dapat mendownload DI SINI atau DI SANA.

Semoga bermanfaat !

0 comments: "Contoh Silabus dan RPP berkarakter"

Posting Komentar