Senin, 21 September 2009

Praktek mengonfigurasi

Mengkonfigurasi Switch Manageable

A. TUJUAN
Mahasiswa setelah selesai praktikum diharapkan dapat mengerti, memahami, dan dapat mengkonfigurasikan switch managable serta dapat menangani jika terjadi kesalahan dalam mengkonfigurasikannya.

B. DASAR TEORI
Switch menjawab keterbatasan hub terutama masalah bandwidth yang terbagi. Secara fisik sama dengan hub tetapi logikanya sama dengan barisan brigde. Peningkatan kecerdasan dibandingkan hub adalah memiliki



pengertian terhadap alamat MAC (Medium Access Control) atau pada Link layer model OSI sehingga hanya mengirimkan data pada port yang dituju (unicast). Hal ini berbeda dengan hub yang mengirimkan data ke semua port (broadcast). Dari segi harga lebih mahal daripada hub. Dengan adanya switch membuat peningkatan kinerja jaringan terutama masalah lalu lintas data dapat direduksi dibandingkan menggunakan hub. Proses kerjanya adalah apabila paket data datang, header dicek untuk menentukan di segment mana tujuan paket datanya. Kemudian data akan dikirim kembali (forwaded) ke segment tujuan tersebut. Cara kerja switch mirip dengan bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering disebut multi-port bridge. Cara menghubungkan komputer ke switch sangat mirip dengan cara menghubungkan komputer ke hub. Oleh sebab itu switch dapat digunakan langsung untuk menggantikan hub seperti tampak pada gambar 3.5.

0 comments: "Praktek mengonfigurasi"

Posting Komentar