Selasa, 03 Agustus 2010

Contoh Proposal PTK PKn

A. JUDUL PENELITIAN :

METODE DEBAT PLUS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN PKn PADA MATERI KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DI KELAS VII A SMP ISLAM AL-HIKMAH MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

B. BIDANG KAJIAN :

Bidang Kajian Penelitian ini adalah mengenai Desain dan Strategi pembelajaran.

C. PENDAHULUAN

Dari pengalaman mengajar selama ini masih banyak dapat kita temukan guru kurang begitu kreatif menerapkan inovasi pembelajaran Kewarganegaraan. Hal ini terjadi karena pola pikir belajar diartikan sebagai perolehan pengetahuan dan mengajar adalah memindahkan pengetahuan (transfer knowledge) kepada siswa, disamping itu pembelajaran Pkn juga masih banyak ditekankan pada hasil akhir , bukan pada proses. Akibatnya guru terpaksa mengajar dengan sistem konvensional dengan penggunaan metode ceramah 1 (satu) arah serta cara siswa belajar lebih dominan dengan menghafal yang bersifat sangat instant.

Banyak faktor yang menyebabkan hasil belajar PKn siswa relatif rendah yaitu karena adanya faktor internal dan eksternal siswa. Faktor internal antara lain: motivasi belajar, intelegensi/Input, kebiasaan dan rasa percaya diri. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang terdapat di luar siswa, seperti; guru sebagai Pembimbing / Fasilitator / Motivator kegiatan belajar, strategi pembelajaran, sarana dan prasarana, kurikulum serta lingkungan.

Berdasarkan uraian diatas maka Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, dirancang untuk mengkaji penerapan pembelajaran metode Debat Plus dalam meningkatkan motivasi pembelajaran dalam materi Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat.

selanjutnya......

0 comments: "Contoh Proposal PTK PKn"

Poskan Komentar