Senin, 16 Agustus 2010

Contoh PTK BK

JUDUL

“Mengatasi Permasalahan Belajar Siswa Kelas XI Semester 2 Melalui Konseling Eklektif Dengan Perilaku Attending di SMA Islam Al Hikmah MayongTahun Pelajaran 2009/2010”.

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Semua orang pasti sependapat bahwa pendidikan adalah investasi hidup yang paling berharga. Melalui pendidikanlah upaya mencetak Sumber Daya Manusia yang berkualitas, beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur dan berkemampuan tinggi akan dapat dicapai.

Sebagaimana diamanatkan dalam UUSPN No. 20 Tahun 2003 bahwa pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.

Salah satu yang tersurat secara implisit dalam penyelenggaraan pendidikan menurut UUSPN yaitu melalui kegiatan bimbingan yang lazim dikenal dengan istilah Bimbingan dan konseling. Keberadaan Bimbingan dan Konseling di sekolah memberikan dampak positif yang amat besar terhadap perkembangan pendidikan dan pribadi siswa, hal ini mengingat banyaknya permasalahan belajar yang dialami siswa. (Ahmadi, Abu & Supriono, Widodo. 2004 : 16) mengemukakan permasalahan belajar yang dihadapi siswa antara lain:

1. Siswa mngalami kesulitan dalam mempersiapkan kondisi fisik dan psikisnya.

2. Siswa tidak dapat mempersiapkan bahan dan peralatan sekolahnya.

3. Sarana dan prasarana di perpustakaan kurang menunjang.

4. Pralatan di laboratorium kurang lengkap, sehingga tidak dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan pelajaran.

5. Siswa tidak mempunyai keberanian untuk menyampaikan pertanyaan atau pernyataan dalam proses pembelajaran.

6. Siswa sering melanggar kedisiplinan kehadiran di sekolah, misalnya sering datang terlambat, sering tidak masuk sekolah, berbicara kotor, over acting ketika belajar.

7. Malas mencatat mata pelajaran.

8. Tidak menindak lanjuti proses belajar mengajar.

9. Tidak bergairah atau termotivasi dalam belajar.

10. Siswa tidak melaksanakan belajar, dan diskusi kelompok.

11. Tidak bergairah dalam melaksanakan tugas atau latihan mata pelajaran.

12. Siswa malas berkonsultasi dengan guru.

Dalam praktiknya penanganan masalah-masalah siswa di atas dalam kerangka bimbingan dan konseling diselesaikan melalui konseling individu maupun konseling kelompok. Berbagai teori dikemukakan oleh para ahli mengenai pendekatan atau teknik yang digunakan oleh konselor ketika proses konseling berlangsung. Pada dasarnya pendekatan/teknik konseling itu dibagi tiga (Moh. Surya : 1988). yaitu : teknik konseling direktif, non-direktif dan Eklektif. Teknik Konseling Eklektif merupakan penggabungan dua teknik Konseling Direktif dan Non Direktif Peneliti memadukan kebaikan dua teknik konseling tersebut, mengembangkan dan menerapkan dalam praktek sesuai dengan permasalahan belajar siswa dengan berorientasi pada teknik hubungan antara konselor dengan klien yaitu Teknik Eklektif dengan Perilaku Attending, yang dikemas dalam sebuah judul penelitian tindakan kelas (PTK) : “Mengatasi Permasalahan Belajar Siswa Kelas XI Semester 2 Melalui Konseling Eklektif Dengan Perilaku Attending di SMA Islam Al Hikmah MayongTahun Pelajaran 2009/2010”.

B. Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, masalah-masalah dalam penelitian ini dapat diidentifikasi sebagai berikut :

1. Prestasi belajar rendah,

2. Kurang minat belajar,

3. Pelanggaran tata tertib,

4. Membolos, sering terlambat, bertengkar, sulit beradaptasi, pemalu, penakut, penyendiri, berbicara kotor, dan berperilaku kasar

C. Pembatasan Masalah dan Rumusan Masalah

Permasalahan dalam PTK ini yaitu :

1. Bagaimanakah pengaruh teknik Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending dalam mengatasi permasalahan siswa?

2. Bagaimanakah pengaruh teknik Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending guru selaku konselor dalam peningkatan prestasi siswa

Pemecahan masalah yang dilakukan guru berupa tindakan :

1. Langkah-langkah konseling dengan Perilaku Attending

2. Pengentasan permasalahan siswa

3. Peningkatan hasil prestasi siswa

4. Mengamati pengaruh konseling Eklektif dengan Perilaku Attending terhadap gairah belajar siswa dan prestasi belajar siswa.

D. Tujuan Penelitian

1. Tujuan Teoritik

Tujuan teoritik penelitia tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik konseling Eklektif dengan penbdekatan attending dalam peningkatan semangat belajar, tanggung jawab siswa sebagai pelajar, mengentaskan permasalahan belajar siswa, serta meningkatkan kemampuan guru untuk membimbing siswa.

2. Tujuan Praktis

1. Membangkitkan semangat siswa untuk belajar

2. Mengatasi permasalahan siswa

3. Meningkatkan partisifasi siswa dalam pembelajaran

4. Meningkatkan prestasi belajar siswa

5. Meningkatkan kemampuan guru dalam membimbing siswa

E. Manfaat Hasil Penelitian

Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending (menghampiri klien) bermanfaat :

1. Bagi Siswa

a. Membangkitkan semangat, partisifasi, peran siswa dalam belajar

b. Mengatasi permasalahan pribadi dan teman

c. Meningkatkan harga diri siswa yang bermasalah/klien

d. Menciptakan suasana aman, mempermudah ekspresi perasaan siswa yang bermasalah/klien dengan bebas

e. Memberikan dampak positif yang amat besar terhadap perkembangan pendidikan dan pribadi siswa; baik melalui konseling individual maupun konseling kelompok yang dilaksanakan di kelas.

2. Bagi Peneliti hasil penelitian tindakan kelas ini bermanfaat memberikan pemahaman pengaruh Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending terhadap pengentasan permasalahan, juga memberikan sumbangan penyempurnaan praktek karena penelitian tindakan kelas ini menghasilkan deskripsi dan analisis tentang kegiatan, proses, atau peristiwa-peristiwa penting dalam bimbingan konseling.

3. Selanjutnya bagi guru, hasil penelitian tindakan kelas ini dapat menjadi cermin menginstropeksikan diri berkenaan dengan tugas guru dalam membimbing siswa di kelasnya.

4. Bagi pengambil kebijakan khususnya yang terkait dengan pembelajaran di SMA, hasil penelitian tindakan kelas ini memberi sumbangan bagi perumusan, implementasi dan perubahan kebijakan; sebagai upaya perbaikan sistem bimbingan konseling guna peningkatan mutu pendidikan dan pelayanan pendidikan di sekolah dasar.

BAB II

KAJIAN PUSTAKA

A. Kajian Teori

1. Pengertian Prestasi Belajar

Untuk memahami apa yang dimaksud dengan prestasi belajar, tentu mudah memberikan jawaban dengan begitu saja, mengingat bayak komponen dan faktor yang ikut melatarbelakanginya. Ada faktor yang berasal dari luar diri siswa, dan ada pula yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri yaitu faktor psikologis dan pisiologi.

Meskipun demikan tidak mengurangi makna ungkapan diatas, dan untuk lebih memudahkan dalam memehami pengertian prestasi belajar, berbagai faktor yang terlibat dalam proses belajar dan akhirnya mengemukakan tentang prestasi belajar tersebut.

1). Pengertian Belajar

Skinner mengartikan belajar sebagai suatu proses adaptasi perilaku secara progresif. (Nana S, dan M. Surya, 1975 : 59).

Sedangkan Prandsen (1957 : 43) memberikan batasan belajar sebagai berikut :

…….. a change in experience or behavior resulting from purposeful observation, over activity, or thingking, and accompairid by motivational-emosional reactions, which results in more adequate satisfaction of the motivating conditions.

Belajar adalah suatu perubahan tingkah laku atau pengalaman sebagai akibat dari perhatian terhadap tujuan atas kegiatannya, atau hasil berpikir dan disertai dengan dorongan dan reaksi emosi, sebagai akibat dari kepuasan yang memadai dari kondosi dorongannya.

Abin Syamsudin (2003 : 134) merangkumkan pengertian belajar dari beberapa ahli dalam satu pernyataan yakni suatu proses perubahan perilaku atau pribadi seseorang.

Pengertian belajar dapat disimpulkan : a) Belajar adalah memperoleh perubahan tingkah laku, b) hasil belajar ditandai dengan perubahan seluruh aspek tingkah laku, c) belajar merupakan suatu proses, d) proses belajar terjadi karena adanya dorongan dan tujuan yang akan dicapai, e) belajar merupakan suatu bentuk pengalaman.

2). Faktor-faktor yang terlibat dalam proses belajar

Pada dasarnya kehidupan sekolah tidak ubahnya dengan kehidupan sosial yang sangat luas. Sekolah merupakan miniatur kehidupan sosial. Para siswa yang belajar berusaha mempersiapkan diri untuk memasuki kehidupan sosial secara matang.

Interaksi antara sejumlah individu dalam lingkungan sekolah, juga terlibatnya lingkungan sekitar, sehingga mewujudkan kondisi yang amat kompleks dalam proses belajar mengajar di sekolah. Faktor-faktor dalam diri murid (intern) dan faktor yang datang dari luar (extern) secara bersama-sama turut mempengaruhi kegiatan belajar murid yang hasilnya tercermin dalam perubahan pola-pola perilaku mereka.

Abi Syamsudin (2003 : 143) mengemukakan sebuah bagan yang melukiskan betapa kompleknya kemungkinan interaksi antar berbagai aktor atau komponen yang mempengaruhi belajar mengajar (PBM) di sekolah.

Bagan 1 : Komponen-komponen yang terlibat dalam PBM

(Abin Syamsudin, 2003 : 143)

Bagan di atas menjelaskan bahwa ada tiga masukan (input) yang secara sendiri-sendiri atau bersama-sama turut mempengaruhi PBM. Pertama masukan mentah (raw input), yakni berbagai karakteristik yang dimiliki oleh individu atau siswa ketika memasuki suatu PBM, berbagai karakteristik yang mencakup baik yang akan memberikan kemudahan atau merupakan kendala dalam belajar sisa. Siswa sebagai raw input mempunyai pembawaan yang beraneka ragam. Sebagai mahluk individual tentunya banyak hal yang berbeda, misalnya : kapasitas dasar bakat mempengaruhi proses serta hasil belajar yang dicapai. Kedua masukan instrumental atau sarana (Instrumental input). Yakni merupakan berlangsungnya PBM, Ketiga masukan lingkungan (environmental input) yakni letak sekolah, situasi dan keadaan fisik sekolah, susunan sekolah, hubungan antar individu di dalamnya dan faktor-faktor yang dapat menjadi penunjang atau penghambat bagi berlangsungnya PBM secaraberhasil.

Interaksi ketiga masukan tersebut dapat mempengaruhi keluaran yang diharapkan (expected output) yaitu berupa hasil belajar para siswa. Bloom dan kawan-kawan membedakan hasil belajar yang diharapkan itu berdasarkan atas kawasan (taxonomy), mulai yang paling sederhana sampai yang paling kompleks. Ketiga kawasan keprilakuan manusia itu ialah kawasan kognitif (cognitive domain), kawasan afektif (affective domain), dan kawasan psikomotorik (psychomotorik domain).

3). Prestasi Belajar

Bagan yang dikemukakan oleh Abin Syamsuddin di atas kiranya cukup jelas memberikan gambaran mengenai banyaknya faktor yang mempengaruhi PBM, dan hasil dari proses itu (akan) tercermin dalam bentuk prestasi belajar. Prestasi belajar (achevoment) dapat diketahui dengan mengevaluasi mereka dengan mempergunakan tes tertentu. Dengan demikian, bagan tadi menunjukan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa di sekolah.

2. Starategi Dasar Layanan Bimbingan di SMA

Pelayanan Bimbingan dan Konseling di sekolah/madrasah merupakan usaha membantu peserta didik dalam pengembangan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kegiatan belajar, serta perencanaan dan pengembangan karir. Pelayanan Bimbingan dan Konseling memfasilitasi pengembangan peserta didik, secara individual, kelompok dan atau klasikal, sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat, perkembangan, kondisi, serta peluang-peluang yang dimiliki. Pelayanan ini juga membantu mengatasi kelemahan dan hambatan serta masalah yang dihadapi peserta didik.

A. Pengertian Bimbingan dan Konseling

Bimbingan dan Konseling adalah pelayanan bantuan untuk peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok, agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal, dalam bidang pengembangan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kemampuan belajar, dan perencanaan karir, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung, berdasarkan norma-norma yang berlaku.

B. Bidang Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Pengembangan kehidupan pribadi, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami, menilai, dan mengembangkan potensi dan kecakapan, bakat dan minat, serta kondisi sesuai dengan karakteristik kepribadian dan kebutuhan dirinya secara realistik. Pengembangan kehidupan sosial, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai serta mengembangkan kemampuan hubungan sosial yang sehat dan efektif dengan teman sebaya, anggota keluarga, dan warga lingkungan sosial yang lebih luas.

Pengembangan kemampuan belajar, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik mengembangkan kemampuan belajar dalam rangka mengikuti pendidikan sekolah/madrasah dan belajar secara mandiri. Pengembangan karir, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai informasi, serta memilih dan mengambil keputusan karir.

C. Fungsi Bimbingan dan Konseling

1. Pemahaman, yaitu fungsi untuk membantu peserta didik memahami diri dan lingkungannya.

2. Pencegahan, yaitu fungsi untuk membantu peserta didik mampu mencegah atau menghindarkan diri dari berbagai permasalahan yang dapat menghambat perkembangan dirinya.

3. Pengentasan, yaitu fungsi untuk membantu peserta didik mengatasi masalah yang dialaminya.

4. Pemeliharaan dan pengembangan, yaitu fungsi untuk membantu peserta didik memelihara dan menumbuh-kembangkan berbagai potensi dan kondisi positif yang dimilikinya.

5. Advokasi, yaitu fungsi untuk membantu peserta didik memperoleh pembelaan atas hak dan atau kepentingannya yang kurang mendapat perhatian.

D. Teknik Konseling

Konseling Eklektif

Teknik Konseling Eklektif merupakan penggabungan dua pendekatan Direktif dan Non-Direktif. Konseling Eklektif yang mengambil berbagai kebaikan dari dua kebaikan dari dua pendekatan atau dari berbagai teori konseling, mengembangkan dan menerapkan dalam praktek sesuai dengan permasalahan klien. Konseling Eklektif lebih tepat dan sesuai dengan filsafat tujuan bimbingan dan konseling dari pada sikap yang hanya mengandalkan satu pendekatan satu pendekatan atau satu dua teori tertentu saja (Moh. Surya : 1988).

1. Konseling Direktif

Dalam konseling direktif klien bersifat pasif, dan yang aktif adalah konselor. Dengan demikian inisiatif dan peranan utama pemecahan masalah lebih banyak ditentukan oleh konselor. Klien bersifat menerima perlakuan dan lebih banyak ditentukan oleh konselor. Dalam konseling direktif diperlukan data yag lengkap dengan klien untuk dipergunakan diagnosis. Diagnosis direktif konseling beraliran Behavioristik, yaitu layanan konseling yang berorientasi pada perubahan tingkah laku secara langsung. Selain itu diperlukan konseling secara individual, dan kelompok pada bimbingan konsultasi lainnya yang memberikan sumbangan langsung kepada keberhasilan siswa sekolah maupun di luar sekolah. Laporan tersebut secara langsung dibenarkan dan mendapat dukungan hasil diagnosis yang pada umumnya berbentuk kegiatan yang langsung ditujukan pada pengubahan tingkah laku klien.

2. Konseling Non-Direktif

Teknik konseling Non-Direktif, tersebut juga Client Centered theraphy, pendekatan ini diperoleh oleh Carl Rongers dan Universitas Wiconsin di Amerika Serikat. Merupakan upaya bantuan pemecahan masalah yang berpusat pada klien, klien diberi kesempatan untuk mengemukakan persoalan, perasaan dan pikiran-pikirannya secara bebas. Pendekatan ini berasumsi dasar bahwa seseorang yang mempunyai masalah sendiri. Tetapi oleh karena suatu hambatan, potensi dan kemampuannya itu tidak dapat berkembang atau berfungsi sebagaimana mestinya.

Untuk memfungsikan kembali kemampuannya klien memerlukan bantuan, maka dalam konseling, inisiatif dan peranan untama terletak pada pundak klien sendiri. Sedangkan kewajiban dan peran konselor hanya mempersiapkan suasana agar potensi dan kemampuan yang pada dasarnya ada pada klien untuk berkembang secara optimal, menciptakan hubungan konseling yang hangat, dan permisif. Menurut Roger menjadi tanggung jawab klien sendiri untuk membantu dirinya sendiri. Prinsip yang penting adalah mengupayakan agar dengan baik. Teori ini didasari kajejat manusia, dan tingkah lakunya : pendekatan konseling beraliran Humanistik (Sofyan. S. Willis, 2004 : 176). Aliran ini menekankan pentingnyapengembangan potensi dan kemampuan yang secara hakiki ada pada diri setiap individu. Potensi dan kemampuan yang berkembang menjadi penggerak bagi upaya individu untuk mencapai tujuan-tujuan hidupnya.

Perilaku Attending

Perilaku Attending , (teknik menghadapi klien) melalui kontak mata, bahwa badan, bahasa lisan, sehingga klien akan terlihat dalam pembicaraan terbuka. Attending baik untuk meningkatkan harga diri klien yang bebas. Perlu dihindari konselor berpenampilan attending yang kurang baik seperti: kepala kaku, muka

kaku, ekspresi melalun, mengalihkan pandangan, tidak terlihat saat klien sedang bicara, mata melotot. Posisi tubuh bersandar miring, tegak kaku, jarang duduk, jarak duduk menjauh, duduk kurang akrab, dan berpaling. Memutuskan pembicaraan, berbicara terus tanpa ada teknik dim untuk memberi kesempatan klien guna berpikir dan berbicara. Penelitian konselor terpecah, mudah buyar oleh gangguan (Sofyan. S. Willis, 2004 : 176).

Perilaku attending disebut juga perilaku menghampiri klien yang mencakup komponen kontak mata, bahasa tubuh, dan bahasa lisan. Perilaku attending yang baik dapat:

1. Meningkatkan harga diri klien.

2. Menciptakan suasana yang aman

3. Mempermudah ekspresi perasaan klien dengan bebas.

Contoh perilaku attending yang baik :

• Kepala : melakukan anggukan jika setuju

• Ekspresi wajah : tenang, ceria, senyum

• Posisi tubuh : agak condong ke arah klien, jarak antara konselor dengan klien agak dekat, duduk akrab berhadapan atau berdampingan.

• Tangan : variasi gerakan tangan/lengan spontan berubah-ubah, menggunakan tangan sebagai isyarat, menggunakan tangan untuk menekankan ucapan.

• Mendengarkan : aktif penuh perhatian, menunggu ucapan klien hingga selesai, diam (menanti saat kesempatan bereaksi), perhatian terarah pada lawan bicara.

Contoh perilaku attending yang tidak baik :

• Kepala : kaku

• Muka : kaku, ekspresi melamun, mengalihkan pandangan, tidak melihat saat klien sedang bicara, mata melotot.

• Posisi tubuh : tegak kaku, bersandar, miring, jarak duduk dengan klien menjauh, duduk kurang akrab dan berpaling.

• Memutuskan pembicaraan, berbicara terus tanpa ada teknik diam untuk memberi kesempatan klien berfikir dan berbicara.

• Perhatian : terpecah, mudah buyar oleh gangguan luar.

B. Kajian Hasil Penelitian

Penelitian tindakan kelas mempergunakan Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending dalam mengatasi permasalahan siswa kelas XI yang rata-rata berusia 16-17 tahun dengan berasumsi dasar bahwa siswa/klien kurang mampu mengatasi sendiri terhadap masalah yang dihadapi, karena itu klien membutuhkan bantuan dari orang lain, yaitu guru selaku konselor. Guru sebagai konselor harus memiliki khasanah teori dan teknik konseling yang justru jauh lebih kaya dari pada mereka yang bertjuan di lingkungan sekolah yang lebih tinggi (HM. Arifin 2003: 22). Teori dan teknik-teknik konseling peorangan yang dipakai untuk anak-anak SMA. Anak SMA perlu banyak perhatian, dan konselor bertanggung jawab penuh melindungi kerahasiaan mereka, mendorong anak agar mampu datang untuk memperoleh layanan bimbingan Selanjutnya guru, Kepala Sekolah, dan orang tua hendaknya saling bekerjasama. Guru paling dekat bergaul, memperhatikan segenap tingkah laku anak-anak sehari-hari di sekolah, sikap-sikap kebiasaan belajar, hubungan sosial mereka, tingkah laku yang menyimpang dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan anak-anak yang dapat diketahui secara langsung oleh guru, lalu guru dapat memberi bantuan dan dapat pula mengalih tangankan kepada konselor / Kepala Sekolah yang masih cukup memiliki pemahaman tentang siswanya sebagai konselor yang aktif, banyak perhatian, sering menciptakan suasana, melakukan kegiatan yang menyenangkan, menguntungkan anak, akan dirasakan denkat dan banyak dikunjungi anak. Maka fungsi konselor dengan segala peran yang dapat diberikan kepada mereka, akan banyak menentukan frekuensi dan intensitas pemanfaatan jasa konseling anak.

Melalui konseling Eklektif dengan Perilaku Attending yang berorientasi kepada pengubahan tigkah laku secara langsung, akan memberikan sumbangan kepada keberhasilan siswa di sekolah maupun di luar sekolah. Dari rujukan di atas cukup alasan perlunya anak SMA memperoleh bimbiNgan konseling

menggunakan konseling Eklektif dengan Perilaku Attending secara terprogram. Selanjutnya peneliti menyakini akan membawa perubahanyang sangat berarti bagi siswa.

BAB III

METODE PENELITIAN

A. Objek Tindakan

Objek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI IPS-1 SMA Islam Al Hikmah Mayong berjumlah 40 siswa dengan rincian 18 laki-laki dan 22 perempuan.

B. Setting, Lokasi, Subjek Penelitian

Subjek penelitian tindakan kelas ini meliputi : data-data hasil wawancara terhadap responden, sumber data peristiwa : hasil observasi, hasil analisis dokumen, artifak yang berasal dari siswa/klien maupun dari guru/konselor dan peneliti.

Subjek penelitian yang berasal dari siswa berupa hasil pengamatan tentang :

1. Partisipasi dalam belajar, bekerja sama, berani bertanya

2. Tidak berbicara kotor, tidak bertengkar

3. Berani berpendapat, membuka diri, berterus terang

4. Cerita, gembira, menerima nasihat, merencanakan tindakan

Guru/konselor dalam kegiatan bimbingan konseling berupa :

1. Mengamati, mencatat, mengumpulkan data tentang sejauh manakah pengaruh bimbingan konseling menggunakan teknik attending Eklektif terhadap gairah belajar siswa dan prestasi belajar siswa

2. Tercapainya tujuan pokok bimbingan konseling

3. Guru selaku konselor dalam attending selalu berupaya untuk berpenampilan baik, seperti: kepala mengangguk jika setuju dan melakukan kontak pandang dengan siswa/klien

4. Ekspresi wajah guru/konselor tenag, ceria, tersenyum

5. Posisi tubuh konselor agak condong kearah klien, jarak dekat, duduk akan berhadapan atau berdampingan

6. Tangan konselor bervariasi melakukan gerakan tangan/lengan spontans berubah arah sebagai syarat menekankan ucapan

7. Kesabaran mendengarkan, aktif penuh perhatian, menunggu ucapan klien hingga selesai.

8. Empati ikut merasakan apa yang dirasakan klien

9. Merefleksi/pematulan kembali perasaan, pikiran pengalaman klien

10. Directing/mengarahkan klien

11. Paraphasing/dapat menangkap pesan utama klien

12. Interprestasi/berupaya megulas pemikiran, perasaan, perilaku yang merujuk pada teori

13. Bertanya membuka percakapan dan menyampaikan pertanyaan tertutup terhadap klien

14. Minimal Encouragment atau memberikan dorongan langsung terhadap apa yang dikatakan klien

15. Bertindak sebagai leading/memimpin arah pembicaraan

16. Penyimpulan sementara/Summariing

17. Memberi kesempatan kepada klien untuk feed back/mengambil kilah baik dari hal-hal yang telah dibicarakan

18. Penyimpulan hasil secara bertahap guna meningkatkan kualitas diskusi

19. Pemberian nasehat, informasi dan merencanakan tindakan selanjutnya

Setting Lokasi Penelitian tindakan Kelas ini ruang kelas XI dan ruang guru BP SMA Islam Al-Hikmah Mayong

C. Metode Pengumpulan Data

Pengumpulan data dilakukan melalui, yaitu : wawancara untuk sumber dataresponden, observasi untuk sumber data perietiwa dan analisis dokumen untuk sumber data dokumen. Informasi tersebut digali dari empat sumber yaitu : peristiwa/kegiatan, pelaku peristiwa, tempat, dokumen/artifak (Sutopo, 1996: 49-51).

1. Wawancara

Wawancara dilakukan oleh peneliti terhadap guru (selaku konselor) dan siswa. Tujuannya adalah ntuk memperoleh data informasi untuk pemahaman, penerapan dan pentingnya bimbingan kelompok dan pendekatan konseling Eklektif guna mengatasi permasalahan belajar.

2. Pengamatan/Observasi

Pengamatan akan dilakukan terhadap konselor dan siswa untuk memantau proses dan danpak penanganan masalah belajar melalui pendekatan Eklektif Attending dalam penggunaan permasalah belajar siswa teknik pengamatan yang akan digunakan adalah pengamatan berperan secara aktif sebagaimana dikemukakan oleh Spradley (1980) ditulis kembali Joko Nurkamto (2003 : 12) berperan aktif di dalam pengertian kegiatan alih tangan konselor kepala sekolah. Kemudian hasil pengamatan akan dipergunakan guna menata langkah-langkah perbaikan pada siklus berikutnya.

3. Analisa Dokumen

Analisa dokumen akan dilakukan terhadap dokumen-dokumen : data hasil pengamatan, data hasil wawancara serta yang digali dari empat sumber yaitu : peristiwa / kegiatan, pelaku peristiwa, tempat, dokumen atau artifak terhadap guru dan siswa, juga dari catatan lapangan pelaksanaan penelitian tindakan kelas dalam upaya penanganan permasalahan belajar siswa. Tujuannya adalah untuk melengkapi informasi yang telah diuperoleh melalui pengamatan dan wawancara.

Indikator kinerja penelitian tindakan kelas bimbingan konseling berupa :

1. Permasalahan siswa dapat teratasi

2. Bangkitnya semangat siswa untuk belajar

3. Partisipasi siswa dalam pembelajaran meningkat

4. Peningkatan prestasi belajar siswa

5. Peningkatan kemampuan guru membimbing siswa

Peneliti melakukan persiapan awal mulai tanggal 13 agustus 2009 meliputi kegiatan: mengadakan kontak awal dan kesepakatan denga reponden, guna membangun mempertahankan kepercayaan, serta memilih informasi (Sugiharto, 2005: 43).

Kemudian langkah-langkah prosedur kerja yang dipergunakan menggunakan tahapan-tahapan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, implementasi, observasi, evaluasi dan refleksi. (jadwal penelitian terlampir)

1. Perencanaan

Mendiagnosis permasalahan belajar siswa, penyebabnya dan dirumuskan implementasi penanganannya termasuk dalam perencanaan langkah-langkah bimbingan konseling menggunakan Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending : analisa data tentang klien, diagnosis masalah diagnosis masalah prognosis atau prediksi tentang perkembangan masalah selanjutnya, pemecahan masalah, dan tindak lanjut dan peninjauan hasil-hasil konseling begitu juga perencanaan pembentukan bimbingan individual terhadap tiga orang siswa berdasarkan permasalahan yang sama (kebiasaan buruk dalam belajar, berbicara kotor, dan bertengkar) serta merencanakan instrumen pengamatan danwawancara.

3. Implementasi dan seterusnya………………….

23 comments: "Contoh PTK BK"

setyowati mengatakan...

Contoh PTK BK ini dpt memberi gambaran pd rekan2 guru BK ttg penulisan ptk yg baik.

Anonim mengatakan...

PTK setahu saya merupakan upaya meningkatkan kualitas proses (dalam hal ini layanan konseling eklektif) dan hasil (masalah yang ingin diselesaikan lewat konseling). Pada "kajian Hasil Penelitian" saya baru melihat paparan pada tahapan teori, sementara bagaimana konseling eklektif (proses) itu dijalankan secara empirik belum disajikan hasilnya.Betulkah demikian?

yudi irawan mengatakan...

bisa ditampilan teks seterusnya..''
yang lengkap'...mohon bantuaanya.

Anonim mengatakan...

Pelit amat, pakai dst..........

Erwin mengatakan...

Pelit......mo pasang harga malu.....
Jaman reformasi kok malu..malu...
Pasang hargalah biar yang mau beli yang kagak cari yang lainnya bung!!!!!

Erwin mengatakan...

Pelit......mo pasang harga malu.....
Jaman reformasi kok malu..malu...
Pasang hargalah biar yang mau beli yang kagak cari yang lainnya bung!!!!!

Erwin mengatakan...

Pelit......mo pasang harga malu.....
Jaman reformasi kok malu..malu...
Pasang hargalah biar yang mau beli yang kagak cari yang lainnya bung!!!!!

Anonim mengatakan...

Contoh yang bagus, tetapi alangkah baiknya jika ditampilkan secara lengkap sebagai bahan acuan atau contoh bagi sesama profesi.

edo mengatakan...

ilmu yang diberikan sesungguhnya tidak bakal hilang justru akan berlipat manfaatnya bagi pemberi,mohon tampilan lengkap demi seprofesi

Anonim mengatakan...

pa saya minta PTK BK SAYA HARUS MENGHUBUNGI SIAPA? MAKASIH

Anonim mengatakan...

ptk ini belum pas dg teory, masih agak jauh dari bener.

Anonim mengatakan...

dan seterusnya ............ penutup yang sangat membingungkan

lia mengatakan...

Berbaginya ko' setengah-setengah??

Anonim mengatakan...

aku jga pengen gabung, tp siapa ya yg mo sy hub?

bambang suryo mengatakan...

itu belum sampai ptk namanya dong, ngasih tau kok sedikit emangnya kalau sudah dikasih tau hilang kepandaian

Anonim mengatakan...

Nggantung....menjadikan pembaca galau. Usul Kalo bisa ditambahkan sampai "Bab IV Metodologi Penelitian" dan "Bab VI Penutup/Kesimpulan". Untuk "Bab V Hasil Penelitian" biarlah jadi rahasia peneliti. Terima kasih.

Anonim mengatakan...

Salut sdh mulai mpublikasikn hasil karya.....dmaklumi pakai dst krn mmg bxk yg ancang2 u.salah gunakan....sgelintir yg salahh gunakan, sgepok akn yg jd korban (trutama yg mau belajar atau brniat study banding karya)....yahhh itulh konskuensi...mntal yg blm mnghargai karya rekan2 kita...

Anonim mengatakan...

mau dong ptk ya yg lengkap.... thanks. maja 14 jaktim

Anonim mengatakan...

bagus, masukkan saja, setahu saya untuk "melihat' sebuah karya penelitian seperti PTK sip/tidaknya dilihat dari bagian Metode Penelitian karena pada bagian tsb ada bgmn mengumpulkan data, instrumen yang digunakan, teknik analisis data dsb.Apakah instrumennya di validasi/tidak sebab akan berpengaruh terhadap valid/tidaknya data. Ketika instrumennya keliru maka data yang diambil juga akan keliru juga/bisa bias, trims.Tri Mgl

Cepat Hamil mengatakan...

Terimakasih sudah sharing walau tak lengkap :D

Bagi sahabat yang mau baca2 soal kehamilan mampir ke www.hamilbayi.com

Terima Kasih

Anonim mengatakan...

buat yang ngatain pelit =>> bener itu cuma ditulis Implementasi dan seterusnya………………….(karena di bagian itu suatu yang penting). butuh mikir, hanya sia-sia kalo dikasih sama orang otak copas. bilang aja lu pengen, gak tau lanjutannya, lu ngomel,xixixixi

Anonim mengatakan...

buat yg ngatain pelit >>> benar itu cuma ditulis Implementasi dan seterusnya……(karena di bagian itu suatu yang penting).butuh berfikir. sia-sia kalau diberikan sama orang otak copy-paste macam ente.bilang aja lu butuh, lu pengen, ga tau lanjutannya lu ngomel.ha...ha...ha...

Anonim mengatakan...

mintalah baik-baik sama yang punya karya kalo situ mau

Posting Komentar